oleh

KPU Lebak Akan Tindaklanjuti Laporan Sejuta Pemilih Ganda

-Lebak, Politik-158 views

Suara Banten.iD – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Lebak akan segera menindaklanjuti terkait adanya laporan pemilih ganda sekitar 1.048.575 diwilayah setempat.Laporan tersebut disampaikan Parpol peserta Pemilu 2019 usai rapat pleno DPT di KPU RI.

“Akan segera kita tindaklanjuti dengan melakukan pencermatan Sidalih (sistem informasi data pemilih). Dari 1.048.575 pemilih ganda yang direkomendasikan Parpol ternyata hanya 294 pemilih ganda,” kata Komisioner KPU Kabupaten Lebak dalam acara rapat pleno terbuka penetapan DPT hasil perbaikan pada Pemilu 2019 di Gedung Bangkit, Rangkasbitung, Rabu (12/9).

Menurut Apipi, laporan pemilih ganda tidak hanya datang dari Parpol tetapi juga dari Bawaslu. Pihak Bawaslu merekomendasikan terdapat pemilih ganda di Lebak sebanyak 8.371.

“Rekomendasi Parpol dan Bawaslu kami tindaklanjuti dan dilakukan pencermatan sidalih selama tiga hari tiga malam. Dibantu Anggota PPK,”katanya.

Apipi mengatakan, dari 28 kecamatan, PPK Cigmblong yang tidak ikut melakukan pencermatan. Hal itu karena pemilih ganda hasil rekomendasi dari 27 kecamatan saja.
“Cigemblong tak masuk,”katanya.

Berdasarkan hasil pencermatan tidak semua kecamatan terdapat pemilih ganda. Pemilih ganda ditemukan di Kecamatan Banjarsari, Bayah, Bojongmanik, Cijaku, Cibadak, Cimarga, Kalanganyar, Panggarangan, Leuwidamar, dan Kecamatan Cibeber.

“Pemilih ganda di kecamatan tersebut sudah di eksekusi. Artinya sudah dilakukan penghapusan,”katanya.

Lebih lanjut Apipi menuturkan, sebelum dilakukan pencermatan jumlah DPS Pemilih Kabupaten Lebak sebanyak 938.537 jiwa. Kemudian setelah penetapan DPT menjadi sebanyak 941.789.

“Namun setelah dilakukan pencermatan, jumlah DPT hasil perbaikan mengalami pengurangan sebanyak 2227 orang,”katanya KOHAR

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

News Feed